Bermula Dari Kisah Pilu, Jadi Makanan Yang Sering Diburu

Di sini siapa yang tidak kenal makanan bulat dengan bahan dasar dari daging yang digiling ini? Di Indonesia sendiri makanan ini terkenal sebagai salah satu kuliner yang sangat dicari. Apalagi kalau sedang musim penghujan seperti sekarang. Iya, bakso biasanya menjadi makanan kuah andalan selain soto atau mie ayam. Tapi ternyata di balik kelezatan si bulat ini terdapat cerita sedih, loh. Makanya yuk simak beberapa fakta tentang bakso di ulasan kali ini!

1.  Asalnya dari Tiongkok masa Dinasti Ming  Awal mula bakso ditemukan berasal dari Tiongkok yang bermula dari kisah bakti seorang anak pada ibunya pada masa Dinasti Ming. Sekitar abad ke-17 Masehi disebut ada seorang anak bernama Meng Bo yang tinggal dengan ibunya. Dia tahu ibunya sangat suka makan daging tetapi karena sudah tua ibunya tidak mampu untuk mengunyah dengan baik lagi. Dari sinilah kemudian dia menciptakan daging tumbuk yang dihaluskan dan dibentuk bulat seperti mochi. Sebagai pelengkap siraman kuah kaldu hangat juga ditambahkan. Ternyata resep ciptaannya ini tersebar luas karena kelezatannya dan kemudian berkembang terus ke penjuru dunia. 

2.  Istilah bakso dari bahasa Hokkien  Setelah dibawa oleh imigran Tiongkok dan berkembang di Indonesia, bakso seperti sudah jadi bagian dari kuliner nusantara. Istilah bakso sendiri nyatanya diambil dari bahasa Hokkien yang artinya daging babi giling. Namun, dengan adaptasi budaya di Indonesia daging yang digunakan untuk membuat bakso di sini umumnya adalah sapi, udang, ayam serta ikan.

3.  Jadi makanan yang paling dicari di mesin pencarian  Resep bakso dalam mesin pencarian Google dikatakan yang paling sering dicari. Menilik resep bakso yang sederhana dan sekarang sudah banyak yang menjual bakso kemasan frozen, bakso bisa dikatakan sudah menjadi makanan home made.

4.  Terkenal bukan hanya di Asia  Ternyata kepopuleran bakso juga sampai ke seberang benua. Swedia dan Italia, misalnya. Dengan olahannya tersendiri, negara ini menjadi negara penggila bakso.

5.  Di Indonesia bakso banyak bentuknya.  Selain bahan dasarnya yang berkembang dari berbagai macam daging olahan. Di Indonesia bentuk baksonya juga unik-unik. Berbagai inovasi terhadap kuliner ini boleh dikatakan berkembang pesat. Yang tadinya hanya berbentuk bulat saja, kini bakso di Indonesia ada bakso gepeng, bakso mangkok, bakso raksasa, bahkan bakso beranak.

Kalau di Plaza Agro Gadjah Mada sendiri bakso juga menjadi salah satu makanan beku kemasan yang sering dicari. Di sini terdapat berbagai macam bakso seperti bakso sapi, bakso ayam, hingga bakso ikan. Pelengkapnya seperti bumbu untuk kaldu sampai mie, soun dan bihun juga ada! Jadi tinggal tunggu apa lagi? Mampir ke Plaza Agro Gadjah Mada dan buat bakso home made ala kalian sendiri! Jangan khawatir, kami siap melayani Anda setiap hari.         

Ditulis oleh Kartika Elsa P. 

Referensi: 

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/siti-hajar-angun/dari-mana-sih-asal-muasal-bakso-c1c2/full 

https://irto.id/sejarah-bakso-berawal-dari-kasih-anak-kepada-ibu-eebC 

https://kumparan.com/kumparanfood/11-fakta-unik-bakso-ada-sejak-dinasti-ming-hingga-populer-di-eropa